Ilustrasi Gambar : Pengajian Kitab Kuning dg Latar Belakang Pondok Pesantren Darul Muwahhidin Wonosumo Kutorejo Mojokerto Jatim |
PENGERTIAN ILMU FIQIH SERTA KEUTAMAANNYA
A. Kewajiban Belajar.
ﻗﺎﻝ ﺭﺳﻮﻝ ﺍﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ: ﻃﻠﺐ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻓﺮﻳﻀﺔ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻣﺴﻠﻢ ﻭﻣﺴﻠﻤﺔ
Rasulullah saw bersabda : “Menuntut ilmu wajib bagi muslim laki-laki dan muslim perempuan”.
ﺍﻋﻠﻢ, ﺑﺄﻧﻪ ﻻﻳﻔﺘﺮﺽ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻣﺴﻠﻢ، ﻃﻠﺐ ﻛﻞ ﻋﻠﻢ ﻭﺇﻧﻤﺎ ﻳﻔﺘﺮﺽ ﻋﻠﻴﻪ ﻃﻠﺐ ﻋﻠﻢ ﺍﻟﺤﺎﻝ ﻛﻤﺎ ﻗﺎﻝ ﻭﺃﻓﻀﻞ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻋﻠﻢ ﺍﻟﺤﺎﻝ ، ﻭﺃﻓﻀﻞ ﺍﻟﻌﻤﻞ ﺣﻔﻆ ﺍﻟﺤﺎﻝ
Perlu diketahui bahwa, kewajiban menuntut ilmu bagi muslim laki-laki dan perempuan ini tidak untuk sembarang ilmu, tapi terbatas pada ilmu agama, dan ilmu yang menerangkan cara bertingkah laku atau bermuamalah dengan sesama manusia. Sehingga ada yang berkata, “Ilmu yang paling utama ialah ilmu Hal. Dan perbuatan yang paling mulia adalah menjaga perilaku.”
Yang dimaksud ilmu hal ialah ilmu agama islam, shalat misalnya.
ﻭﻳﻔﺘﺮﺽ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﺴﻠﻢ ﻃﻠﺐ ﻣﺎ ﻳﻘﻊ ﻟﻪ ﻓﻰ ﺣﺎﻟﻪ ﻓﻰ ﺃﻯ ﺣﺎﻝ ﻛﺎﻥ، ﻓﺈﻧﻪ ﻻﺑﺪ ﻟﻪ ﻣﻦ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻓﻴﻔﺘﺮﺽ ﻋﻠﻴﻪ ﻋﻠﻢ ﻣﺎ ﻳﻘﻊ ﻟﻪ ﻓﻰ ﺻﻼﺗﻪ ﺑﻘﺪﺭ ﻣﺎ ﻳﺆﺩﻯ ﺑﻪ ﻓﺮﺽ ﺍﻟﺼﻼﺓ ،
Oleh karena setiap orang islam wajib mengerjakan shalat, maka mereka wajib mengetahui rukun-rukun dan sarat-sarat sahnya shalat, supaya dapat melaksanakan shalat dengan sempurna.
ﻭﻳﺠﺐ ﻋﻠﻴﻪ ﺑﻘﺪﺭ ﻣﺎ ﻳﺆﺩﻯ ﺑﻪ ﺍﻟﻮﺍﺟﺐ، ﻷﻥ ﻣﺎ ﻳﺘﻮﺳﻞ ﺑﻪ ﺇﻟﻰ ﺇﻗﺎﻣﺔ ﺍﻟﻔﺮﺽ ﻳﻜﻮﻥ ﻓﺮﺿﺎ ، ﻭﻣﺎ ﻳﺘﻮﺳﻞ ﺑﻪ ﺇﻟﻰ ﺇﻗﺎﻣﺔ ﺍﻟﻮﺍﺟﺐ ﻳﻜﻮﻥ ﻭﺍﺟﺒﺎ ﻭﻛﺬﺍ ﻓﻰ ﺍﻟﺼﻮﻡﻭﺍﻟﺰﻛﺎﺓ، ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻟﻪ ﻣﺎﻝ، ﻭﺍﻟﺤﺞ ﺇﻥ ﻭﺟﺐ ﻋﻠﻴﻪ. ﻭﻛﺬﺍ ﻓﻰ ﺍﻟﺒﻴﻮﻉ ﺇﻥ ﻛﺎﻥ ﻳﺘﺠﺮ .
Setiap orang islam wajib mempelajari/mengetahui rukun maupun shalat amalan ibadah yang akan dikerjakannya untuk memenuhi kewajiban tersebut. Karena sesuatu yang menjadi perantara untuk melakukan kewajiban, maka mempelajari wasilah/perantara tersebut hukumnya wajib. Ilmu agama adalah sebagian wasilah untuk mengerjakan kewajiban agama. Maka, mempelajari ilmu agama hukumnya wajib. Misalnya ilmu tentang puasa, zakat bila berharta, haji jika sudah mampu, dan ilmu tentang jual beli jika berdagang.
ﻗﻴﻞ ﻟﻤﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺍﻟﺤﺴﻦ، ﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ: ﻟﻤﺎ ﻻﺗﺼﻨﻒ ﻛﺘﺎﺑﺎ ﻓﻰ ﺍﻟﺰﻫﺪ؟ ﻗﺎﻝ : ﻗﺪ ﺻﻨﻔﺖ ﻛﺘﺎﺑﺎ ﻓﻰ ﺍﻟﺒﻴﻮﻉ ﻳﻌﻨﻰ : ﺍﻟﺰﺍﻫﺪ ﻣﻦ ﻳﺤﺘﺮﺯ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﺒﻬﺎﺕ ﻭﺍﻟﻤﻜﺮﻭﻫﺎﺕ ﻓﻰ ﺍﻟﺘﺠﺎﺭﺍﺕ.
Muhammad bin Al-Hasan pernah ditanya mengapa beliau tidak menyusun kitab tentang zuhud, beliau menjawab, “aku telah mengarang sebuah kitab tentang jual beli.” Maksud beliau adalah yang dikatakan zuhud ialah menjaga diri dari hal-hal yang subhat (tidak jelas halal haramnya) dalam berdagang.
ﻭﻛﺬﻟﻚ ﻓﻰ ﺳﺎﺋﺮ ﺍﻟﻤﻌﺎﻣﻼﺕ ﻭﺍﻟﺤﺮﻑ ، ﻭﻛﻞ ﻣﻦ ﺍﺷﺘﻐﻞ ﺑﺸﻴﺊ ﻣﻨﻬﺎ ﻳﻔﺘﺮﺽ ﻋﻠﻴﻪ ﻋﻠﻢ ﺍﻟﺘﺤﺮﺯ ﻋﻦ ﺍﻟﺤﺮﺍﻡ ﻓﻴﻪ . ﻭﻛﺬﻟﻚ ﻳﻔﺘﺮﺽ ﻋﻠﻴﻪ ﻋﻠﻢ ﺃﺣﻮﺍﻝ ﺍﻟﻘﻠﺐ ﻣﻦ ﺍﻟﺘﻮﻛﻞ ﻭﺍﻹﻧﺎﺑﺔ ﻭﺍﻟﺨﺸﻴﺔ ﻭﺍﻟﺮﺿﻰ ، ﻓﺈﻧﻪ ﻭﺍﻗﻊ ﻓﻰ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻷﺣﻮﺍﻝ .
Setiap orang yang berkecimpung di dunia perdagangan, wajib mengetahui cara berdagang dalam islam supaya dapat menjaga diri dari hal-hal yang diharamkan. Setiap orang juga harus mengetahui ilmu-ilmu yang berkaitan dengan batin atau hati, misalnya tawakal, tobat, takut kepada Allah, dan ridha. Sebab, semua itu terjadi pada segala keadaan.
B. Keutamaan Ilmu.
ﻭﺷﺮﻑ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻻﻳﺨﻔﻰ ﻋﻠﻰ ﺃﺣﺪ ﺇﺫ ﻫﻮ ﺍﻟﻤﺨﺘﺺ ﺑﺎﻹﻧﺴﺎﻧﻴﺔ ﻷﻥ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﺨﺼﺎﻝ ﺳﻮﻯ ﺍﻟﻌﻠﻢ ، ﻳﺸﺘﺮﻙ ﻓﻴﻬﺎ ﺍﻹﻧﺴﺎﻥ ﻭﺳﺎﺋﺮ ﺍﻟﺤﻴﻮﺍﻧﺎﺕ: ﻛﺎﻟﺸﺠﺎﻋﺔ ﻭﺍﻟﺠﺮﺍﺀﺓ ﻭﺍﻟﻘﻮﺓ ﻭﺍﻟﺠﻮﺩ ﻭﺍﻟﺸﻔﻘﺔ ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ ﺳﻮﻯ ﺍﻟﻌﻠﻢ .
Tidak seorang pun yang meragukan akan pentingnya ilmu pengetahuan, karena ilmu itu khusus dimiliki umat manusia. Adapun selain ilmu, itu bisa dimiliki manusia dan bisa dimiliki binatang. Dengan ilmu pengetahuan.
ﻭﺑﻪ ﺃﻇﻬﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻓﻀﻞ ﺁﺩﻡ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ ﻋﻠﻰ ﺍﻟﻤﻼﺋﻜﺔ ، ﻭﺃﻣﺮﻫﻢ ﺑﺎﻟﺴﺠﻮﺩ ﻟﻪ .
Allah Ta’ala mengangkat derajat Nabi Adam as. Diatas para malaikat. Oleh karena itu, malaikat di perintah oleh Allah agar sujud kepada Nabi Adam as.
ﻭﺇﻧﻤﺎ ﺷﺮﻑ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺑﻜﻮﻧﻪ ﻭﺳﻴﻠﺔ ﺍﻟﻰ ﺍﻟﺒﺮ ﻭﺍﻟﺘﻘﻮﻯﺍﻟﺬﻯ ﻳﺴﺘﺤﻖ ﺑﻬﺎ ﺍﻟﻤﺮﺀ ﺍﻟﻜﺮﺍﻣﺔ ﻋﻨﺪ ﺍﻟﻠﻪ، ﻭﺍﻟﺴﻌﺎﺩﺓ ﻭﺍﻷﺑﺪﻳﺔ ، ﻛﻤﺎ ﻗﻴﻞ ﻟﻤﺤﻤﺪ ﺑﻦ ﺍﻟﺤﺴﻦ ﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻬﻤﺎ ﺷﻌﺮﺍ
ﺗﻌـﻠـﻢ ﻓــﺈﻥ ﺍﻟـﻌﻠـﻢ ﺯﻳـﻦ ﻷﻫــﻠــﻪ # ﻭﻓــﻀـﻞ ﻭﻋــﻨـﻮﺍﻥ ﻟـﻜـﻞ ﻣـــﺤﺎﻣـﺪ
ﻭﻛــﻦ ﻣـﺴﺘـﻔـﻴﺪﺍ ﻛـﻞ ﻳـﻮﻡ ﺯﻳـﺎﺩﺓ # ﻣﻦ ﺍﻟﻌـﻠﻢ ﻭﺍﺳـﺒﺢ ﻓﻰ ﺑﺤـﻮﺭ ﺍﻟﻔﻮﺍﺋـﺪ
ﺗـﻔـﻘـﻪ ﻓﺈﻥ ﺍﻟـﻔــﻘـﻪ ﺃﻓــﻀـﻞ ﻗﺎﺋـﺪ # ﺍﻟﻰ ﺍﻟــﺒﺮ ﻭﺍﻟﺘـﻘـﻮﻯ ﻭﺃﻋـﺪﻝ ﻗـﺎﺻـﺪ
ﻫﻮ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺍﻟﻬﺎﺩﻯ ﺍﻟﻰ ﺳﻨﻦ ﺍﻟﻬﺪﻯ # ﻫﻮ ﺍﻟﺤﺼﻦ ﻳﻨﺠﻰ ﻣﻦ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﺸﺪﺍﺋﺪ
ﻓـﺈﻥ ﻓـﻘﻴــﻬـﺎ ﻭﺍﺣــﺪﺍ ﻣــﺘـﻮﺭﻋــﺎ # ﺃﺷـﺪ ﻋـﻠﻰ ﺍﻟﺸـﻴﻄـﺎﻥ ﻣﻦ ﺃﻟـﻒ ﻋﺎﺑﺪ
ﻭﻛــﻦ ﻣـﺴﺘـﻔـﻴﺪﺍ ﻛـﻞ ﻳـﻮﻡ ﺯﻳـﺎﺩﺓ # ﻣﻦ ﺍﻟﻌـﻠﻢ ﻭﺍﺳـﺒﺢ ﻓﻰ ﺑﺤـﻮﺭ ﺍﻟﻔﻮﺍﺋـﺪ
ﺗـﻔـﻘـﻪ ﻓﺈﻥ ﺍﻟـﻔــﻘـﻪ ﺃﻓــﻀـﻞ ﻗﺎﺋـﺪ # ﺍﻟﻰ ﺍﻟــﺒﺮ ﻭﺍﻟﺘـﻘـﻮﻯ ﻭﺃﻋـﺪﻝ ﻗـﺎﺻـﺪ
ﻫﻮ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺍﻟﻬﺎﺩﻯ ﺍﻟﻰ ﺳﻨﻦ ﺍﻟﻬﺪﻯ # ﻫﻮ ﺍﻟﺤﺼﻦ ﻳﻨﺠﻰ ﻣﻦ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻟﺸﺪﺍﺋﺪ
ﻓـﺈﻥ ﻓـﻘﻴــﻬـﺎ ﻭﺍﺣــﺪﺍ ﻣــﺘـﻮﺭﻋــﺎ # ﺃﺷـﺪ ﻋـﻠﻰ ﺍﻟﺸـﻴﻄـﺎﻥ ﻣﻦ ﺃﻟـﻒ ﻋﺎﺑﺪ
“Belajarlah! Sebab ilmu adalah penghias bagi pemiliknya # dia adalah keutamaan, dan pertanda segala pujian,
Jadikan hari-harimu untuk menambah ilmu. # Dan berenanglah di lautan ilmu yang berguna.”
Belajarlah ilmu agama, karena ia adalah ilmu yang paling unggul # Ilmu yang dapat membimbing menuju kebaikan dan taqwa,
ilmu paling lurus untuk di pelajarai. Dialah ilmu yang menunjukkan kepada jalan yang lurus # yakni jalan petunjuk Tuhan yang dapat menyelamatkan manusia dari segala keresahan.
Oleh karena itu orang yang ahli ilmu agama dan bersifat wara’ # lebih berat bagi setan daripada menggoda seribu ahli ibadah tapi bodoh.
C. Belajar Ilmu Akhlaq
( ﻭﺍﻟﻌﻠﻢ ﻭﺳﻴﻠﺔ ﺇﻟﻰ ﻣﻌﺮﻓﺔ: ﺍﻟﻜﺒﺮ، ﻭﺍﻟﺘﻮﺍﺿﻊ ، ﻭﺍﻷﻟﻔﺔ، ﻭﺍﻟﻌﻔﺔ ، ﻭﺍﻷﺳﺮﺍﻑ ،
ﻭﺍﻟﺘﻘﺘﻴﺮ، ﻭﻏﻴﺮﻫﺎ ،( ﻭﻛﺬﻟﻚ ﻓﻰ ﺳﺎﺋﺮ ﺍﻷﺧﻼﻕ ﻧﺤﻮ ﺍﻟﺠﻮﺩ، ﻭﺍﻟﺒﺨﻞ،
ﻭﺍﻟﺠﺒﻦ، ﻭﺍﻟﺠﺮﺍﺀﺓ. ﻓﺈﻥ ﺍﻟﻜﺒﺮ
، ﻭﺍﻟﺒﺨﻞ، ﻭﺍﻟﺠﺒﻦ، ﻭﺍﻹﺳﺮﺍﻑ ﺣﺮﺍﻡ، ﻭﻻﻳﻤﻜﻦ ﺍﻟﺘﺤﺮﺯ ﻋﻨﻬﺎ ﺇﻻ ﺑﻌﻠﻤﻬﺎ، ﻭﻋﻠﻢ ﻣﺎ ﻳﻀﺎﺩﻫﺎ ، ﻓﻴﻔﺘﺮﺽ
ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﺇﻧﺴﺎﻥ ﻋﻠﻤﻬﺎ
tidak mungkin bisa terhindar dari sifat-sifat itu tanpa mengetahui kriteria sifat-sifat tersebut serta mengetahui cara menghilangkannya. Oleh karena itu orang islam wajib mengetahuinya.
ﻭﻗﺪ ﺻﻨﻒ ﺍﻟﺴﻴﺪ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺍﻷﺟﻞ ﺍﻷﺳﺘﺎﺫ ﺍﻟﺸﻬﻴﺪ ﻧﺎﺻﺮ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﺃﺑﻮ ﺍﻟﻘﺎﺳﻢ ﻛﺘﺎﺑﺎ ﻓﻰ ﺍﻷﺧﻼﻕ ﻭﻧﻌﻢ ﻣﺎ ﺻﻨﻒ ﻓﻴﺠﺐ ﻋﻠﻰ ﻛﻞ ﻣﺴﻠﻢ ﺣﻔﻈﻬﺎ .
Asy-Syahid Nasyiruddin telah menyusun kitab yang membahas tentang akhlak. Kitab tersebut sangat bermutu, dan perlu dibaca. Karena setiap orang wajib memelihara akhlaknya.
D. Ilmu Yang Fardu Kifayah dan Yang Haram dipelajari.
ﻭﺃﻣﺎ ﺣﻔﻆ ﻣﺎ ﻳﻘﻊ ﻓﻰ ﺍﻷﺣﺎﻳﻴﻦ ﻓﻔﺮﺽ ﻋﻠﻰ ﺳﺒﻴﻞ ﺍﻟﻜﻔﺎﻳﺔ ، ﺇﺫﺍ ﻗﺎﻡ ﺍﻟﺒﻌﺾ ﻓﻰ ﺑﻠﺪﺓ ﺳﻘﻂ ﻋﻦ ﺍﻟﺒﺎﻗﻴﻦ ﻓﺈﻥ ﻟﻢ ﻳﻜﻦ ﻓﻰ ﺍﻟﺒﻠﺪﺓ ﻣﻦ ﻳﻘﻮﻡ ﺑﻪ ﺍﺷﺘﺮﻛﻮﺍ ﺟﻤﻴﻌﺎ ﻓﻰ ﺍﻟﻤﺄﺛﻢ ، ﻓﻴﺠﺐ ﻋﻠﻰ ﺍﻹﻣﺎﻡ ﺃﻥ ﻳﺄﻣﺮﻫﻢ ﺑﺬﻟﻚ ﻭﻳﺠﺒﺮ ﺃﻫﻞ ﺍﻟﺒﻠﺪﺓ ﻋﻠﻰ ﺫﻟﻚ .
Adapun mempelajari amalan agama yang dikerjakan pada saat tertentu seperti shalat zenajah dan lain-lain, itu hukumnya fardhu kifayah. Jika di suatu tempat/daerah sudah ada orang yang mempelajari ilmu tersebut, maka yang lain bebas dari kewajiban. Tapi bila di suatu daerah tak ada seorangpun yang mempelajarinya maka seluruh daerah itu berdosa. Oleh karena itu pemerintah wajib memerintahkan kepada rakyatnya supaya belajar ilmu yang hukumnya fardhu kifayah tersebut. Pemerintah berhak memaksa mereka untuk mereka untuk melaksanakannya.
ﻗﻴﻞ: ﺇﻥ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻣﺎ ﻳﻘﻊ ﻋﻠﻰ ﻧﻔﺴﻪ ﻓﻰ ﺟﻤﻴﻊ ﺍﻷﺣﻮﺍﻝ ﺑﻤﻨﺰﻟﺔ
ﺍﻟﻄﻌﺎﻡ ﻻﺑﺪ ﻟﻜﻞ ﻭﺍﺣﺪ ﻣﻦ ﺫﻟﻚ ﻭﻋﻠﻢ ﻣﺎ ﻳﻘﻊ ﻓﻰ ﺍﻷﺣﺎﻳﻴﻦ ﺑﻤﻨﺰﻟﺔ ﺍﻟﺪﻭﺍﺀ ﻳﺤﺘﺎﺝ ﺇﻟﻴﻪ ( ﻓﻰ
ﺑﻌﺾ ﺍﻷﻭﻗﺎﺕ)
ﻭﻋﻠﻢ ﺍﻟﻨﺠﻮﻡ ﺑﻤﻨﺰﻟﺔ ﺍﻟﻤﺮﺽ، ﻓﺘﻌﻠﻤﻪ ﺣﺮﺍﻡ ، ﻷﻧﻪ ﻳﻀﺮ ﻭﻻﻳﻨﻔﻊ، ﻭﺍﻟﻬﺮﺏ ﻋﻦ ﻗﻀﺎﺀ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﻗﺪﺭﻩ ﻏﻴﺮ ﻣﻤﻜﻦ.
ﻓﻴﻨﺒﻐﻰ ﻟﻜﻞ
ﻣﺴﻠﻢ ﺃﻥ ﻳﺸﺘﻐﻞ ﻓﻰ ﺟﻤﻴﻊ ﺃﻭﻗﺎﺗﻪ ﺑﺬﻛﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﻭﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ، ﻭﺍﻟﺘﻀﺮﻉ، ﻭﻗﺮﺍﺀﺓ
ﺍﻟﻘﺮﺁﻥ، ﻭﺍﻟﺼﺪﻗﺎﺕ (ﺍﻟﺪﺍﻓﻌﺔ ﻟﻠﺒﻼﺀ) ﻭﺍﻟﺼﻼﺓ ، ﻭﻳﺴﺄﻝ
ﺍﻟﻠﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺍﻟﻌﻔﻮ ﻭﺍﻟﻌﺎﻓﻴﺔ ﻓﻰ ﺍﻟﺪﻳﻦ ﻭﺍﻵﺧﺮﺓ
ﻟﻴﺼﻮﻥ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ ﺗﻌﺎﻟﻰ ﺍﻟﺒﻼﺀ ﻭﺍﻵﻓﺎﺕ، ﻓﺈﻥ ﻣﻦ ﺭﺯﻕ
ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ ﻟﻢ ﻳﺤﺮﻡ ﺍﻹﺟﺎﺑﺔ . ﻓﺈﻥ ﻛﺎﻥ ﺍﻟﺒﻼﺀ ﻣﻘﺪﺭﺍ
ﻳﺼﻴﺒﻪ
ﻻﻣﺤﺎﻟﺔ، ﻭﻟﻜﻦ ﻳﺒﺮ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ
ﻭﻳﺮﺯﻗﻪ ﺍﻟﺼﺒﺮ ﺑﺒﺮﻛﺔ ﺍﻟﺪﻋﺎﺀ
.Oleh karena itu, setiap orang islam wajib mengisi seluruh waktunya dengan berzikir kepada Allah, berdo’a, memohon seraya merendahkan diri kepadaNya, membaca Al-Qur’an,dan bersedekah supaya terhindar dari mara bahaya.
ﺍﻟﻠﻬﻢ ﺇﺫﺍ ﺗﻌﻠﻢ ﻣﻦ ﺍﻟﻨﺠﻮﻡ ﻗﺪﺭﻣﺎ ﻳﻌﺮﻑ ﺑﻪ ﺍﻟﻘﺒﻠﺔ ﻭﺃﻭﻗﺎﺕ ﺍﻟﺼﻼﺓ ﻓﻴﺠﻮﺯ ﺫﻟﻚ
Boleh mempelajari ilmu nujum (ilmu falaq) untuk mengetahui arah kiblat, dan waktu-waktu shalat.
ﻭﺃﻣﺎ ﺗﻌﻠﻢ ﻋﻠﻢ ﺍﻟﻄﺐ ﻓﻴﺠﻮﺯ ، ﻷﻧﻪ ﺳﺒﺐ ﻣﻦ ﺍﻷﺳﺒﺎﺏ ﻓﻴﺠﻮﺯ ﺗﻌﻠﻤﻪ ﻛﺴﺎﺋﺮ ﺍﻷﺳﺒﺎﺏ . ﻭﻗﺪ ﺗﺪﺍﻭﻯ ﺍﻟﻨﺒﻰ ﻋﻠﻴﻪ ﺍﻟﺴﻼﻡ
Boleh pula mempelajari ilmu kedokteran, karena ia merupakan usaha penyembuhan yang tidak ada hubungannya dengan sihir, jimat, tenung dan lain-lainnya. Karena Nabi juga pernah berobat.
Boleh pula mempelajari ilmu kedokteran, karena ia merupakan usaha penyembuhan yang tidak ada hubungannya dengan sihir, jimat, tenung dan lain-lainnya. Karena Nabi juga pernah berobat.
ﻭﻗﺪ ﺣﻜﻰ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﺎﻓﻌﻰ ﺭﺣﻤﺔ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﺃﻧﻪ ﻗﺎﻝ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻋﻠﻤﺎﻥ: ﻋﻠﻢ ﺍﻟﻔﻘﻪ ﻟﻸﺩﻳﺎﻥ، ﻭﻋﻠﻢ ﺍﻟﻄﺐ ﻟﻸﺑﺪﺍﻥ ، ﻭﻣﺎ ﻭﺭﺍﺀ ﺫﻟﻚ ﺑﻠﻐﺔ ﻣﺠﻠﺲ .
Imam Syafi’I rahimahullah berkata, “ilmu itu ada dua, yaitu ilmu piqih untuk mengetahui hukum agama, dan ilmu kedokteran untuk memelihara badan.”
E. Definisi Ilmu.
ﻭﺃﻣﺎ ﺗﻔﺴﻴﺮ
ﺍﻟﻌﻠﻢ : ﻓﻬﻮ ﺻﻔﺔ ﻳﺘﺠﻠﻰ ﺑﻬﺎ ﺍﻟﻤﺬﻛﻮﺭ ﻟﻤﻦ ﻗﺎﻣﺖ ﻫﻰ ﺑﻪ ﻛﻤﺎ ﻫﻮ. ﻭﺍﻟﻔﻘﻪ : ﻣﻌﺮﻓﺔ
ﺩﻗﺎﺋﻖ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻣﻊ ﻧﻮﻉ ﻋﻼﺝ . ﻗﺎﻝ ﺃﺑﻮ ﺣﻨﻴﻔﺔ ﺭﺣﻤﺔ ﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ : ﺍﻟﻔﻘﻪ ﻣﻌﺮﻓﺔ ﺍﻟﻨﻔﺲ ﻣﺎ ﻟﻬﺎ
ﻭﻣﺎ ﻋﻠﻴﻬﺎ. ﻭﻗﺎﻝ : ﻣﺎ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﺇﻻ ﻟﻠﻌﻤﻞ ﺑﻪ، ﻭﺍﻟﻌﻤﻞ ﺑﻪ ﺗﺮﻙ ﺍﻟﻌﺎﺟﻞ ﺍﻵﺟﻞ
Ilmu ditafsiri dengan : Sifat yang dimiliki seseorang, maka menjadi jelaslah apa yang terlintas di dalam pengertiannya. Fiqih adalah: Pengetahuan tentang kelembutan-kelebutan ilmu. Ujar Abu Hanifah : Fiqih adalah pengetahuan tentang hal-hal yang berguna, yang berbahaya bagi diri seseorang. Ujarnya lagi : Ilmu itu hanya untuk diamalkannya, sedang mengamalkan di sini berarti meninggalkan orientasi demi akhirat.
ﻓﻴﻨﺒﻐﻰ ﻟﻺﻧﺴﺎﻥ ﺃﻥ ﻻﻳﻐﻔﻞ ﻋﻦ ﻧﻔﺴﻪ ، ﻣﺎ ﻳﻨﻔﻌﻬﺎ ﻭﻣﺎ ﻳﻀﺮﻫﺎ، ﻓﻰ ﺃﻭﻟﻬﺎ ﻭﺁﺧﺮﻫﺎ ، ﻭﻳﺴﺘﺠﻠﺐ ﻣﺎ ﻳﻨﻔﻌﻬﺎ ﻭﻳﺠﺘﻨﺐ ﻋﻤﺎ ﻳﻀﺮﻫﺎ ، ﻛﻰ ﻻﻳﻜﻮﻥ ﻋﻘﻠﻪ ﻭﻋﻤﻠﻪ ﺣﺠﺔ ﻓﻴﺰﺩﺍﺩ ﻋﻘﻮﺑﺔ، ﻧﻌﻮﺫ ﺑﺎﻟﻠﻪ ﻣﻦ ﺳﺨﻄﻪ ﻭﻋﻘﻮﺑﻪ .
Maka seyogyanya
manusia jangan sampai lengah diri dari hal-hal yang bermanfaat dan berbahaya di
dunia dan akhirat. Dengan demikian dia akan mengambil mana yang bermanfaat dan
menjauhi mana yang berbahaya, agar supaya baik akal dan ilmunya tidak menjadi beban
pemberat atas dirinya dan menambah siksanya. Kita berlindung kepada allah dari
murka dan siksanya.
ﻭﻗﺪ ﻭﺭﺩ ﻓﻰ ﻣﻨﺎﻗﺐ ﺍﻟﻌﻠﻢ ﻭﻓﻀﺎﺋﻠﻪ، ﺁﻳﺎﺕ ﻭﺃﺧﺒﺎﺭ ﺻﺤﻴﺤﺔ ﻣﺸﻬﻮﺭﺓ ﻟﻢ ﻧﺸﺘﻐﻞ ﺑﺬﻛﺮﻫﺎ ﻛﻰ ﻻﻳﻄﻮﻝ ﺍﻟﻜﺘﺎﺏ.
Dalam masalah
kebaikan keistimewaan dan keutaman ilmu itu, banyaklah ayat- ayat al-quran dan
hadis-hadis shahih dan masyhur yang mengemukakannya. Namun kali ini tidak kami
kedepankan, agarlah
uraian kitab ini tidak terlalu berkepanjangan. ku wasiat tersebut.
uraian kitab ini tidak terlalu berkepanjangan. ku wasiat tersebut.
Pustaka : Facebook
Tidak ada komentar:
Posting Komentar