REDAKSI TAKBIR HARI RAYA
Soal: Sebagian kaum Wahabi berpandangan, bahwa redaksi takbir yang dikumandangkan oleh kaum Muslimin di mana-mana adalah bid’ah dan haram. Redaksi yang dibaca oleh mereka antara lain adalah:
الله أكبر الله أكبر الله أكبر، لا إله إلا الله، الله أكبر الله أكبر ولله الحمد، الله أكبر كبيرًا، والحمد لله كثيرًا، وسبحان الله بكرة وأصيلًا، لا إله إلا الله وحده، صدق وعده، ونصر عبده، وأعز جنده، وهزم الأحزابوحده، لا إله إلا الله، ولا نعبد إلا إياه مخلصين له الدين ولو كره الكافرون، اللهم صل على سيدنا محمد، وعلى آل سيدنا محمد، وعلى أصحاب سيدنا محمد، وعلى أنصار سيدنا محمد، وعلى أزواج سيدنا محمد وعلى ذرية سيدنا محمد وسلم تسليمًا كثيرًا
Benarkah bacaan takbir seperti di atas termasuk haram dan bid’ah?
Jawab:
1) Membaca takbir pada waktu hari raya hukumnya sunnah atau mandub.
2) Tidak ada redaksi tertentu yang menjadi keharusan atau anjuran dalam Sunnah, yang harus dibaca oleh kaum Muslimin.
3) Hanya saja sebagian sahabat seperti Salman al-Farisi, bertakbir dengan redaksi
الله أكبر الله أكبر الله أكبر، لا إله إلا الله، الله أكبر الله أكبر، ولله الحمد
4) Redaksi takbir yang hendaknya dibaca, bersifat luas, tidak dibatasi oleh redaksi tertentu. Karena nash al-Qur’an yang memerintahkan takbir bersifat mutlak, yaitu firman Allah subhanahu wata’ala:
وَلِتُكَبِّرُوا اللَّهَ عَلَى مَا هَدَاكُمْ. (البقرة: 185).
“Dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu”. (QS. al-Baqarah : 185).
5) Dalil yang bersifat mutlak atau umum, tetap diberlakukan pada keumumannya sampai ada dalil syar’i yang membatasinya.
6) Umat Islam di Mesir, sejak masa silam, terbiasa menggunakan redaksi yang popular berikut ini:
الله أكبر الله أكبر الله أكبر، لا إله إلا الله، الله أكبر الله أكبر، ولله الحمد، الله أكبر كبيرًا، والحمد لله كثيرًا، وسبحان الله بكرة وأصيلا، لا إله إلا الله وحده صدق وعده ونصر عبده وأعز جنده وهزم الأحزاب وحده، لا إله إلا الله ولا نعبد إلا إياه مخلصين له الدين ولو كره الكافرون، اللهم صل على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد وعلى أصحاب سيدنا محمد وعلى أنصار سيدنا محمد وعلى أزواج سيدنامحمد وعلى ذرية سيدنا محمد وسلم تسليمًا كثيرًا”،
7) Redaksi tersebut adalah redaksi syar’i yang shahih. Berkaitan dengan redaksi tersebut, al-Imam al-Syafi’i radhiyallahu ‘anhu berkata:
( قال الشَّافِعِيُّ ) رَحِمَهُ اللهُ تَعَالَى وَالتَّكْبِيرُ كما كَبَّرَ رسول اللهِ صلى اللهُ عليه وسلم في الصَّلاةِ اللهُ أَكْبَرُ فَيَبْدَأُ الإِمَامُ فيقول اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ حتى يَقُولَهَا ثَلاثًا وَإِنْ زَادَ تَكْبِيرًا فَحَسَنٌ وَإِنْ زَادَ فقال اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لهِ كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً اللهُ أَكْبَرُ وَلا نَعْبُدُ إلا اللهَ مُخْلِصِينَ له الدَّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ لا إلَهَ إلا اللهُ وَاَللهُ أَكْبَرُ فَحَسَنٌ وما زَادَ مع هذا من ذِكْرِ الهَِ أَحْبَبْتُهُ غير أَنِّي أُحِبُّ أَنْ يَبْدَأَ بِثَلاثِ تَكْبِيرَاتٍ نَسْقًا وَإِنْ اقْتَصَرَ على وَاحِدَةٍ أَجْزَأَتْهُ وَإِنْ بَدَأَ بِشَيْءٍ من الذِّكْرِ قبل التَّكْبِيرِ أو لم يَأْتِ بِالتَّكْبِيرِ فَلا كَفَّارَةَ عليه. (الإمام الشافعي، كتاب الأم 1/241).
“Al-Syafi’i rahimahullah berkata: “Takbir adalah sebagaimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bertakbir dalam shalat, Allahu akbar. Lalu imam memulai, dan berkata Allahu akbar Allahu akbar Allahu akbar, sehingga mengucapkannya tiga kali. Apabila ia menambah takbirnya, maka baik. Apabila ia menambah, lalu berkata:
اللهُ أَكْبَرُ كَبِيرًا وَالْحَمْدُ لهِt كَثِيرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيلاً اللهُ أَكْبَرُ وَلا نَعْبُدُ إلا اللهَ مُخْلِصِينَ له الدَّيْنَ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ لا إلَهَ إلا اللهُ وَحْدَهُ صَدَقَ وَعْدَهُ وَنَصَرَ عَبْدَهُ وَهَزَمَ الأَحْزَابَ وَحْدَهُ لا إلَهَ إلا اللهُ وَاَللهُ أَكْبَرُ
maka adalah baik. Redaksi dzikir yang ditambahkan kepada redaksi di atas, saya menyukainya. Hanya saja, saya menyukai kalau ia memulai dengan tiga kali takbir secara urut. Apabila ia membatasi pada satu takbir, maka cukup baginya. Apabila ia memulai sebelum takbir dengan dzikir atau tidak membaca takbir, maka tidak ada kaffarah baginya.” (Al-Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1 hlm 241).
Pernyataan Imam al-Syafi’i tersebut memberikan kesimpulan, bahwa tambahan dzikir apapun ke dalam takbir hari raya adalah baik.
Yang tidak baik adalah sikap kaum Wahabi yang membid’ahkan dan mengharamkan sebagian redaksi takbir yang dibaca oleh umat Islam. Wallahu a’lam.
Sebagian, dikutip dari fatwa Syaikh Ali Jum’ah.
SUMUR